Selasa, 31 Mei 2011

Sejarah Lengkap Perjalanan Handphone Sejak 70 Tahun Silam

1. SCR-194 (1938)

Alat komunikasi ini adalah 'mbahnya' ponsel. SCR-194 dan SCR-195 adalah radio AM portabel pertama di dunia. Ia dibuat oleh US ARMY Signal Corps Engineering Laboratories di Fort Monmouth, New Jersey. Alat yang dipandang sebagai walkie talkie pertama itu beratnya sekitar 11kg dan boleh melangkaui jarak perhubungan sejauh 8km.






2. SCR-300 (1940)

Alat ini adalah pengganti SCR-195. Dikembangkan oleh Motorola, SCR-300 merupakan radio FM portabel yang digunakan oleh pasukan sekutu pada perang dunia II. Bobotnya antara 14-17 kg, dengan radius jangkauan 4,8 km.








3. SCR-536 (1942)

Motorola menghasilkan ‘handie talkie’ ini untuk AS, sebagai pengembangan dari dua alat komunikasi sebelumnya. Dengan menggunakan teknologi radio AM, SCR-536 beratnya jauh lebih ringan, yakni hanya 2,27 kg dengan daya jangkau 1,6 km.






5. DYNATAC (1973)

Motorola membuat prototaip telepon portabel Dynamic Adaptive Total Area Coverage (DYNATAC) sebagai ponsel pribadi praktis pertama. Di gambar, bekas Wakil Presiden Motorola Martin Cooper tengah menelefon pesaingnya dari Bell Labs, Joel S Engel.






6. DynaTAC (1983)


Sepuluh tahun setelah kemunculan prototipe DynaTAC, Motorola mulai memasarkan ponsel ini ke publik. Dengan seberat 0,9 kg, DYNATAC bekerja di jaringan teknologi AMPS, layanan selular analog generasi pertama di Amerika Utara.





7. MicroTAC (1989)

Motorola memperkenalkan MicroTAC yang merupakan ciptaan ponsel flip pertama di dunia. Ciptaan ini mengurangkan ukuran ponsel jika tidak digunakan. Dengan ukurannya yang kecil. MicroTAC juga merupakan ponsel mini pertama di dunia.





8. StarTAC (1996)

Melanjutkan lini TAC-nya, Motorola kemudian melancarkan ponsel clamshell pertama bernama StarTAC yang boleh dilipat seperti cangkang kerang. Menurut Motorola, ponsel ini diadaptasi oleh alat komunikasi yang muncul dalam filem serial Star Trek.





9. Communicator (1997)

Nokia 9000 Communicator adalah ponsel yang membawa pengguna memasuki era ponsel pintar atau smartphone. Dengan desain clamshell-nya, ponsel ini yang pertama menyediakan layar LCD serta papan kunci QWERTY yang utuh.






10. Benefon (1999)

Geosentric merupakan vendor ponsel pertama yang membuat ponsel yang terintegrasi dengan perangkat GPS. Bukan itu sahaja, ponsel bernama Benefon ini tahan  air, menggunakan greyscale, serta menyediakan peta untuk menentukan posisi dan pergerakan pengguna.




11. VP-201 (1999)

Di Jepun, Kyocera melancarkan ponsel VP-201 yang merupakan ponsel pertama yang memiliki kamera terintegrasi.





12. BlackBerry 5810 (2002)

RIM meluncurkan perangkat BlackBerry pertama yang terintegrasi dengan ponsel. Ini adalah ponsel yang menyasar pengguna profesional yang membolehkan layanan email seketika dan penyesuaian skedul. Kelemahannya, perangkat ini tak punya speaker dan mikrofon.





13. iPhone (2007)


Steve Jobs mulai mengenalkan Apple iPhone pada 2007, sebuah ponsel pintar revolusioner yang menggunakan layar sentuh sekaligus mengadopsi teknologi 3G.






14. HTC EVO 4G (2010)

Ponsel ini adalah ponsel pertama yang mengadopsi standar 4G, dan beroperasi di jaringan WiMAX. Dengan sistem operas Android 2.1, ia merupakan ponsel berlayar sentuh paling besar, kamera 8 MP, perekam video definisi tinggi, keluaran HDMI, fitur Mobile Hotspot, dan antar muka HTC Sense.

P/s : Itulah sedikit sebanyak sejarah ciptaan telefon bimbit dari dulu sampai sekarang. Atok pakai telepon botol air yo!

8 ulasan:

faiz berkata...

dulu henfon mesti ada ariel..

cik RQS berkata...

xsempat beli lagi..daa kuar model baru..haish..xbole catch up ngan technology ni..=P

sahromnasrudin berkata...

atok, atok pasang churp2 tapi nape iklannya atuk tak letak?? kne letak iklan baru leh jana pendapatan...

Mohamadazhan.com berkata...

nak kejar terbaru tak mampu dah rasanya.hehe

saya guna mana ada saja =)tapi masih bercita-cita

Perodua Myvi 2011 Menggunakan Enjin 1.5L Bakal Dilancarkan (GambarMenarik)

Unknown berkata...

faiz : Kasi line clear kot

Unknown berkata...

MISS QASEH SAIFUDIN : Kan. Last2 atok pakai 3310 je...erk

Unknown berkata...

sahromnasrudin : Hihi...atok lupa. Thanks ingatkan =)

Unknown berkata...

Mohamadazhan hjDesa : Betul. Last2 kegunaan untuk mesej dan telefon je kan.. >_<

PENAFIAN

Blog ini merupakan blog peribadi penulis untuk berkongsi apo2 yolah dengan mereka di luar sana. Blog ini tidak mewakili mana-mana parti politik, organisasi, NGO mahupun tempat penulis bekerja. Hasil penulisan di dalam blog ini merupakan pandangan peribadi penulis sendiri melainkan dinyatakan sumber diperolehi. Penulis tidak bertanggungjawab atas masalah yang kronik bagi sesiapa yang mengunjungi blog ini. Terima kasih